PENYEBAB HAID TIDAK LANCAR



11 MACAM PENYEBAB HAID TIDAK LANCAR

Siklus menstruasi yang tidak teratur adalah hal yang meresahkan kaum hawa. Pasalnya, haid yang tidak lancar ini sering dicurigai sebagai tanda adanya penyakit serius didalam rahim atau ketidaksuburan. Terlebih jika menstruasi menjadi tidak lancar setelah menikah, wanita yang mengalami ini akan merasa takut tidak bisa memberikan keturunan bagi suaminya.

Pada umumnya, wanita akan mendapatkan datang bulan setiap satu bulan sekali. Menstruasi ini terjadi selama 5 sampai 7 hari dalam 1 bulan. Nah, pada kasus haid tidak lancar ini wanita bisa mengalami menstruasi 2 sampai 3 bulan sekali, menstruasi terjadi 2 kali dalam sebulan dengan darah yang hanya keluar sedikit atau bahkan tidak mendapatkan menstruasi sama sekali.

Terdapat banyak FAKTOR yang mengakibatkan menstruasi menjadi tidak teratur. Nah, berikut adalah beberapa penyebab haid tidak lancar yang sering dialami oleh para wanita :

1. STRESS


Masalah yang satu ini memang selalu membawa dampak buruk bagi kesehatan. Stres juga seringkali menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit kronis. Haid yang tidak lancar sangat mungkin disebabkan karena stres.

Gangguan psikologis yang satu ini berkontribusi dalam membuat produksi hormon dalam tubuh menjadi kacau. Akibatnya, para wanita yang kerap kali merasa stres umumnya akan mengalami ketidak lancaran menstruasi.


2. GANGGUAN HORMON

Menstruasi tidak teratur disebabkan karena kurangnya hormon estrogen dan hormon progestron. Hormon prolaktin yang terlalu tinggi juga berdampak pada siklus menstruasi dan kesuburan. Bahkan dalam beberapa kasus ada pula wanita yang memiliki hormon androgen ( hormon pria ) lebih banyak didalam tubuhnya. Kelebihan hormon androgen ini menyebabkan menstruasi jadi tidak lancar atau tidak datang sama sekali.


3. OBESITAS


Kelebihan berat badan sering dianggap dapat membahayakan kesehatan. Faktanya, anggapan tersebut memang benar adanya. Obesitas juga mampu mempengaruhi kesuburan wanita. Wanita dengan berat badan berlebih memiliki risiko yang cukup tinggi untuk mendapatkan siklus menstruasi yang tidak lancar. Di samping itu, obesitas juga dapat memicu penyakit tiroid.


4. PENYAKIT TIROID


Seperti yang sudah disebutkan diatas, obesitas dapat mengakibatkan timbulnya penyakit tiroid.
Lantas, apakah penyakit tiroid itu ???
Seberapa penting peran tiroid dalam menjadi penyebab haid tidak lancar ???

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang terletak dileher dan fungsinya untuk mengatur proses metabolisme tubuh. Kelenjar ini juga berpengaruh pada sistem tubuh lainnya, termasuk produksi hormon. Ketidakseimbangan tiroid, seperti hipotiroid atau hipertiroid, dapat mempengaruhi kelancaran siklus datang bulan wanita.


5. PENGGUNAAN KONTRASEPSI


Apakah Anda merupakan pengguna kontrasepsi berupa pil atau suntikan KB ???
Jika ya, mungkin siklus haid Anda akan terganggu. Seperti kita ketahui, pil dan suntikan KB mengandung sejumlah hormon yang berfungsi untuk mencegah kehamilan.

Jadi, jenis kontrasepsi ini akan sangat mempengaruhi kelancaran menstruasi Anda. Pendarahan bisa menjadi sangat banyak atau sedikit sekali. Selain itu, pemberian suntik atau pil KB setelah melahirkan juga dapat membuat haid menjadi tidak lancar.


6. DIET YANG TIDAK SEHAT


Diet sih boleh-boleh saja, tapi bagaimana jika diet yang Anda jalani justru membuat haid menjadi tidak lancar ???
Nah, itu artinya diet yang sedang Anda lakukan kurang sehat. Diet yang terlalu ekstrem bisa membuat siklus datang bulan jadi tidak teratur. Makanan yang Anda konsumsi saat diet memiliki peran yang sangat besar untuk menentukan lancar atau tidaknya menstruasi Anda.

Solusinya, konsumsi makanan sehat yang mengandung gizi dan nutrisi yang mencukupi kebutuhan tubuh Anda. Pastikan untuk memulai diet yang sehat agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah dengan diet air putih yang berkualitas ( www.milagros.my.id ) yang pernah kami ulas disini.


7. BERAT BADAN TURUN DRASTIS


Sejauh ini, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan secara cepat. Mulai dari mengkonsumsi obat diet, suntik untuk menguruskan badan dan masih banyak lagi. Akan tetapi, sadarkah Anda bahwa penurunan berat badan secara drastis itu membahayakan kesehatan ???

Ketika bobot Anda menurun drastis, produksi hormon estrogen dan hormon progesteron pun juga akan menurun sehingga akan mempengaruhi siklus menstruasi.
Oleh karena itu, jagalah asupan nutrisi dengan melakukan diet yang sehat.


8. JAMUR DAN PENYAKIT


Beberapa penyakit seperti tumor rahim, kanker rahim dan kanker serviks membuat penderitanya mendapatkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Bahkan, pertumbuhan jamur disekitar rahim juga mempengaruhi kelancaran menstruasi wanita.


9. OLAHRAGA BERLEBIHAN



Olahraga adalah aktivitas yang baik untuk memelihara kesehatan jika dilakukan dengan teratur dan dalam intensitas yang sesuai. Pasalnya, olahraga yang terlalu berat malah akan berdampak buruk pada siklus datang bulan Anda.

Ketika tubuh diforsis untuk melakukan aktivitas fisik yang berat, maka tubuh akan menjadi lelah dan bisa mengalami gangguan pada kelenjar hipotalamus. Gangguan ini akan berpengaruh pada hormon-hormon yang berperan penting untuk melancarkan menstruasi.


10. MENOPAUSE


Menopause adalah kondisi dimana siklus menstruasi yang dialami oleh wanita akan berhenti. Pada umumnya, wanita yang mengalami menopause diatas usia 40 tahun. Bahkan, ada pula wanita yang mengalami menopause pada usia sebelum 40 tahun.

Ketika memasuki masa pre-menopause terjadi perubahan kadar hormon yang ada didalam tubuh. Menstruasi menjadi tidak lancar dan lama kelamaan akan berhenti. Keadaan ini normal bagi setiap wanita dan tidak perlu dicemaskan.


11. RADANG USUS





Meskipun usus tidak berperan dalam proses menstruasi wanita, radang yang terjadi pada usus juga dapat membuat seorang wanita mendapatkan menstruasi yang tidak lancar. Tak hanya siklus haid yang tidak teratur, radang usus ini juga membawa gejala seperti diare atau penurunan berat badan secara ekstrem.

Bila Anda adalah seorang wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, segera periksakan diri ke dokter spesialis obsteri dan ginekologi. Dokter akan mencari tahu penyebab haid tidak lancar yang Anda alami dan mencarikan solusi agar Anda dapat kembali memperoleh datang bulan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

• GEJALA KEPUTIHAN •

CARA MENGETAHUI CIRI-CIRI VAGINA BERMASALAH

CARA MENCUCI DAN MEMBUANG PEMBALUT YANG BAIK DAN BENAR